Merasakan Gejala Penyakit Berikut? Sebaiknya Berhenti Bermain Handphone


TongkolPedia - Handphone saat ini telah banyak dilengkapi dengan fitur-fitur dan aplikasi yang membuat kita betah untuk menggunakan. Tak heran lagi jika banyak pengguna yang memiliki ketergantungan akan handphone. Aplikasi dan games, itulah yang membuat mereka sangat betah untuk memainkan handphone. Ditambah lagi dengan video film online yang tambah membuat pengguna tergila-gila.

Tetapi, sesuatu yang berlebihan akan menimbulkan dampak yang tidak baik, baik fisik maupun non fisik. Nah, jika kamu sudah merasakan beberapa gelaja yanga dapay menimbulkan penyakit ini, maka sebaiknya kamu hentikan dahulu aktifitas bermain handphone kamu. Berikut beberapa gejala penyakit yang diakibatkan kelebihan bermain handphone.

Merasakan Gejala Penyakit Berikut? Sebaiknya Berhenti Bermain Handphone


1. Sakit Kepala

Image: Sakit Kepala (Hellosehat.com)
Seringkali jika kita terlalu lama memandang cahaya handphone, apalagi pada saat gelap, maka kepala kita akan terasa sakit. Apabila kita tetap meneruskannya, maka bukan hanya sakit kepala, kita nanti juga bisa merasakan keringat dingin dan mual. Hindarilah bermain handphone terlalu lama, apalagi dalam keadaan gelap dan cahaya yang tinggi.

2. Nyeri pada Jari Tangan

Image: Nyeri Pada Jari Tangan (Arbamedia.com)
Ketika kamu browsing ataupun scrolling handphone, dan kamu merasakan nyeri pada jari tangan kamu, sebaiknya kamu berhenti bermain handphone. Karena jika kita bermain handphone terlalu lama, maka dikhawatirkan tangan kamu mengalami peradangan pada urat atau biasa disebut Tendinitis.

Jika Tendinitis ini dibiarkan saja, maka akan berakibat mati rasa kerusakan otot jika tidak beristirahat.

3. Sakit Punggung dan Sakit Leher

Image: Sakit Punggung dan Sakit Leher (Doktersehat.com)
Jika kamu sedang asyik memainkan handphone, maka posisi leher kamu akan menunduk bukan? Menurut riset The British Chiropractic Association rata-rata orang memainkan handphone dengan posisi menunduk selama 8-10 Jam. Tentu jika leher kita menunduk selama itu, maka leher dan punggung kamu akan mengalami tekanan dan stress syaraf dan otot. Apabila dibiarkan terus menerus maka dikhawatirkan akan menyebabkan penyakit.

Jika kamu mengalami hal ini, maka istirahatlah dengan tidur telentang agar leher dan punggung tidak tenang.  Lakukan juga pemanasan ringan agar otot kembali lemas.

4. Sulit Tidur

Image: Sulit Tidur (Jalantikus.com)
Mungkin pernah diantara kamau yang browsing atau bermain handphone sebelum tidur. Ternyata hal berikut memiliki dampak yang sangat berbahaya bagi kesehatan kamu. Bermain handphone sebelum tidur dapat menghambat pelepasan Melatonin yang berfungsi untuk membantu kita tidur. Jika kamu terkena insomnia atau susah tidur, kamu akan beresiko terkena diabetes, hipertensi bahkan penyakit jantung.

5. Mata Rabun

Image: Mata Rabun (Pedulisehat.info)
Larangan menonton televisi terlalu dekat juga dapat diaplikasikan ketika bermain handphone. Jika kamu sering bermain handphone terlalu dekat, apalagi dalam keadaan gelap, maka kamu beresiko terkena Miopi atau rabun jauh.

6. Nomophobia

Image: Nomophobia (Phobia.wikia.com)
Mungkin diantara kamu belum pernah mendengar istilah yang satu ini. Nomophobia (No-Mobile-Phone-Phobia) adalah sebuah sindrom yang membuat kamu akan ketakutan jika tidak mempunyai handphone atau akses ke handphone. Baik karena tidak ada sinyal, baterai habis ataupun kehilangan handphone. Nomophobia ini sangat berbahaya bagi kesehatan mental.


Itulah beberapa gejala penyakit yang diakibatkan oleh Handphone. Apabila kamu merasakan seperti gejala diatas, maka sebaiknya kamu hentikan aktifitas bermain handphone kamu.

0 Response to "Merasakan Gejala Penyakit Berikut? Sebaiknya Berhenti Bermain Handphone"

Post a Comment

- Mohon Berkomentar Dengan Wajar
- Dilarang Menyertakan Link Aktif Maupun Tidak Aktif
- Dilarang Berkomentar Dengan Unsur Pornografi, Sara, Promosi Dan Hal-Hal Yang Bertentangan Dengan Hukum Yang Berlaku


Jika ada hal-hal yang tidak pantas atau bertentangan, Saya selaku pengurus Blog ini tidak segan segan menghapus Komentar Anda.
Terima Kasih!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel