Review Buku Celoteh Gus Dur by Ahmad Nurcholis


Identitas Buku :

Judul: Celoteh Gus Dur: 222 Ujaran Bijak Sang Guru Bangsa
Penulis: Ahmad Nurcholish
Penerbit: Elex Media Komputindo
Jumlah Halaman: xvii + 237
ISBN : 978-602-04-5006-3


Review Buku :

Sepanjang kariernya sebagai intelektual Muslim, KH Abdurrahman Wahid atau lebih akrab dikenal Gus Dur telah menghasilkan banyak karya tulis berupa opini atau artikel, makalah dan sebagainya yang dimuat oleh sejumlah media di Tanah Air maupun mancanegara. Jika dihitung hingga akhir hayatnya (30 Desember 2009), tulisan-tulisan tersebut bisa mencapai 600 buah lebih.
Tidak penting apa agama dan sukumu, kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua manusia, maka orang tidak pernah tanya apa agamamu. (hlm. 5)
Buku ini berisi kutipan-kutipan atau ujaran bijak dari Gus Dur yang bisa memberikan kita sedikit pencerahan jika membacanya dan juga bisa membuat kita mengingat kembali mendiang Gus Dur. Ingatan inilah yang mudahan bisa menginspirasi kita semua untuk meneruskan dan mengembangkan apa yang sudah diinisiasi Presiden Ke-4 ini.

Ujaran-ujaran bijak yang terdapat di dalam buku ini berisi tentang berbagai macam persoalan seperti, Agama, Peradaban, Kemanusian, Negara, Kebangsaan, Kepemimpinan, Hak Asasi Manusia, dan lain sebagainya.
Kesabaran dalam membawakan kebenaran adalah sifat utama yang dipuji oleh sejarah. (hlm. 161)
Namun, buku ini bukan hanya berisi ujaran bijak saja, pada awal buku ini juga terdapat kisah singkat mengenai mendiang Gus Dur sejak ia kecil hingga penghargaan yang telah diperolehnya.

Udah deh kayanya ya, soalnya gak banyak yang bisa aku review tentang buku ini karena buku ini bukan berisi mengenai cerita seperti pada novel-novel, melainkan hanya kutipan atau qoute dari Pak Gus Dur.

Rate : 4.2/5⭐

0 Response to "Review Buku Celoteh Gus Dur by Ahmad Nurcholis"

Post a Comment

- Mohon Berkomentar Dengan Wajar
- Dilarang Menyertakan Link Aktif Maupun Tidak Aktif
- Dilarang Berkomentar Dengan Unsur Pornografi, Sara, Promosi Dan Hal-Hal Yang Bertentangan Dengan Hukum Yang Berlaku


Jika ada hal-hal yang tidak pantas atau bertentangan, Saya selaku pengurus Blog ini tidak segan segan menghapus Komentar Anda.
Terima Kasih!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel