Perkembangan Gadget dari Masa ke Masa


TongkolPedia - Di zaman serba instan ini manusia tidak terlepas dari gadget, tidak mengenal usia mulai dari yang muda sampai yang tua, anak kecil bahkan dewasa. Alat canggih ini dapat mereka gunakan sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya masing-masing. Dimana dapat mempermudah aktivitas dan segala kepentingannya yang dulunya susah menjadi lebih mudah. Dapat diketahui bahwa perkembangan gadget ini juga tergolong perubahan yang sangat pesat. Akan tetapi kita juga harus bersikap bijak dalam menghadapinya, gunakan sesuai kebutuhan dan hal-hal yang positif serta menguntungkan.

Gadget atau handphone merupakan perkembangan dari pesawat elektronik telepon. Perkembangan gadget ini semakin kesini semakin canggih dan tergolong sangat pesat. Perbedaan telepon dengan handphone pada kabel nya, karena handphone sudah tidak menggunakan kabel dan lebih praktis dibawa kemana mana. Oleh sebab itu handphone lebih banyak dikembangkan dari pada telepon.

Perkembangan handphone mulai dikomersialkam pada tahun 1947 dimana pada tahun itu, handphone mulai dikenalkan di negara amerika sehingga mudah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Pada saat itu sudah banyak perusahaan-perusahaan  besar yang memproduksi handphone seperti Nokia, Siemens, Motorola dan Sony Ericsson. Sedangkan, perkembangan gadget di Indonesia pada masa itu di dominasi oleh produk dari Nokia, karena mempunyai fitur-fitur yang lebih mudah dipahami dan berbeda dengan produk lainnya.

Handphone mengalami perkembangan sangat pesat mulai dari generasi ke-0 sampai generasi ke-4. Untuk lebih detailnya simak uraian dibawah ini untuk mengetahui lebih lanjut!

Perkembangan Gadget dari Masa ke Masa

1. Generasi ke 0

Perkembangan gadget di era ini dimulai sejak adanya Handy talky (HT) dimana alat ini masih menggunakan pemancar untuk mencari sinyal dalam berkomunikasi. Alat ini banyak digunakan saat perang dunia 2 bahkan digunakan oleh aparat kepolisian dan masih banyak lagi.

2. Generasi ke 1 (1G)

Alat pada generasi ini mengubah monochrome menjadi berwarna. Seperti halnya alat ini sudah di desain dengan tombol angka dan portable. Akan tetapi masih memiliki banyak kelemahan seperti ukuran dan beratnya yang cukup lumayan dan hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi di lingkung wilayah yang sempit, sehingga penggunanya juga masih terbatas.

3. Generasi ke 2 (2G)

Dari perkembangan sinyal analog pada tahun 1990an maka muncul dua jaringan nirkabel yang dipopulerkan yaitu GSM dan CDMA. Gadget pada masa ini mempunyai ukuran dan bentuk yang kecil sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana. Selain itu gadget juga sudah memiliki kemampuan untuk panggilan suara, pesan suara dan pesan singkat atau SMS (short message service). Tidak hanya itu, gadget pada masa ini selain ukuranya yang kecil dan ringan juga tidak banyak mengandung radiasi sehingga tidak membahayakan bagi kesehatan manusia.

4. Generasi ke 3 (3G)

Perkembangan gadget selanjutnya yaitu generasi 3G dimana internet sudah mulai masuk di dalamnya. Selain bisa mempermudah jaringan komunikasi di berbagai pelosok dunia, gadget di era ini juga dilengkapi beberapa fitur penunjang seperti video call, kamera, dan masih banyak lagi.

5. Generasi ke 4 (4G)

Gadget pada era ini adalah handphone yang banyak dijumpai sekarang ini atau yang kerap disebut sebagai smartphone. Gadget menjadi semakin canggih karena sudah mengintegrasikan teknologi wireless, bluetooth dan masih banyak lagi sehingga lebih mempermudah aktivitas manusia dan bisa digunakan kapanpun dimanapun anda berada. Selain itu, jaringan yang digunakan juga sudah jaringan 4G yang tercepat dan kualitas tinggi serta pencapaian yang lebih luas.

Penutup

Itulah sedikit ulasan tentang perkembangan gadget dari masa ke masa, dimana pada saat ini perusahaan smartphone berlomba lomba bersaing untuk terus menciptakan inovasi baru dalam produk nya. Sangat pesat dan membawa banyak keuntungan bukan?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perkembangan Gadget dari Masa ke Masa"

Post a Comment

- Mohon Berkomentar Dengan Wajar
- Dilarang Menyertakan Link Aktif Maupun Tidak Aktif
- Dilarang Berkomentar Dengan Unsur Pornografi, Sara, Promosi Dan Hal-Hal Yang Bertentangan Dengan Hukum Yang Berlaku


Jika ada hal-hal yang tidak pantas atau bertentangan, Saya selaku pengurus Blog ini tidak segan segan menghapus Komentar Anda.
Terima Kasih!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel