Perbedaan Sleep dan Hibernate pada Windows

Perbedaan Sleep dan Hibernate pada Windows

Perbedaan Sleep dan Hibernate pada Windows

TongkolPedia - Saat kamu ingin mematikan laptop, pasti kamu menemukan berbagai pilihan diantaranya adalah Sleep dan Hibernate. Lalu yang mana sih yang harus kamu pilih dan apa perbedaan diantara keduanya?

Sesuai dengan namanya, Sleep dan Hibernate memiliki fungsi yang sama yaitu membuat laptop kamu menjadi 'tertidur' tanpa harus menutup software yang berjalan. 

Namun, walaupun memiliki fungsi yang sama, keduanya juga memiliki beberapa perbedaan lho. Berikut ini perbedaan antara Sleep dan Hibernate pada Windows.

Perbedaan Sleep dan Hibernate pada Windows


1.Sleep

Perbedaan Antara Sleep dan Hibernate

Fungsi sleep sebenarnya adalah untuk menghemat daya baterai PC kamu. Namun, caranya dengan menyimpan semua pekerjaan kamu di RAM.

Sebenarnya, Sleep ini sama dengan mode Standby, tapi dengan mematikan monitor sehingga jauh lebih menghemat konsumsi listrik.

Saat kamu menghidupkan kembali PC dalam keadaan Sleep, maka pekerjaan kamu akan kembali aktif dalam hitungan detik dan kamu dapat melanjutkan pekerjaan kamu.

2. Hibernate

Perbedaan Sleep dan Hibernate pada Laptop

Berbeda dengan Sleep, Hibernate menyimpan semua pekerjaan yang sedang kamu lakukan di HDD atau SSD. Pada mode ini, Laptop kamu tidak mengambil daya apapun.

Saat kamu menghidupkan laptop kamu dalam keadaan Hibernate, maka pekerjaan kamu akan aktif kembali dalam waktu lama. Hal ini dikarenakan HDD ataupun SSD perlu membaca kembali pekerjaan kamu, berbeda dengan RAM.

Fitur ini sangat bermanfaat jika kamu menggunakannya di Laptp daripada PC. Apabila kamu pengguna Windows 8, maka mode ini tidak ada pada opsi Power secara default.

Mana yang Baik Digunakan?

Setelah mengetahui persamaan dan juga perbedaannya, pasti muncul di benak kamu beberapa pertanyaan, diantaranya adalah, "Mana yang bagus dan harus digunakan?"

Jawabannya adalah, apabila kamu menggunakan laptop, maka kamu disarankan menggunakan Hibernate untuk menyimpan daya baterai agar pemakaian setelah dinyalakan lebih lama.

Namun, apabila kamu pengguna PC, maka disarankan untuk menggunakan mode Sleep saja untuk menghemat listrik yang masuk.


Penutup

Demikianlah perbedaan diantara dua mode Power yaitu Sleep dan Hibernate pada Laptop yang saya yakin sangat jarang diketahui. Sebelum mengetahui ini, mode manakah yang sering kamu pakai? Apabila ada yang ingim ditanyakan, silahkan cantumkan saja di kolom komentar dibawah ini. Semoga Informasi ini bermanfaat bagi kamu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbedaan Sleep dan Hibernate pada Windows"

Post a Comment

- Mohon Berkomentar Dengan Wajar
- Dilarang Menyertakan Link Aktif Maupun Tidak Aktif
- Dilarang Berkomentar Dengan Unsur Pornografi, Sara, Promosi Dan Hal-Hal Yang Bertentangan Dengan Hukum Yang Berlaku


Jika ada hal-hal yang tidak pantas atau bertentangan, Saya selaku pengurus Blog ini tidak segan segan menghapus Komentar Anda.
Terima Kasih!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel