Rahasia Belajar Untuk Ujian Menggunakan Aplikasi Ruangguru


Ujian! Ada apa dengan ujian sebenarnya sampai-sampai banyak sekali yang ketakutan apabila mendengar kata "Ujian"? Ada yang bilang ujian ini lebih menakutkan daripada film horror. Apalagi jika kamu sekarang sedang duduk di kelas 12 SMA, maka kamu harus bersiap-siap untuk selalu dihadapkan dengan berbagai ujian, dimulai Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Sekolah (UAS), Simulasi Ujian, Ujian Akhir Madrasah, Ujian Nasional, hingga SBMPTN. Pasti akan membuat kamu stress dong dengan berbagai ujian yang datang bertubi-tubi ini.

Yap! Memang sih kalau kamu santai-santai saja dan tidak mempersiapkannya secara matang, maka kamu akan kebingungan dan stress dengan berbagai ujian ini. Namun, jika kamu sudah mempersiapkannya secara matang, saya yakin kamu akan menghadapi berbagai ujian ini dengan tenang atau bahkan sangat senang apabila ujian datang. Saya sendiri belajar dari kisahnya Maudy Ayunda pada sebuah video tanya jawab di Youtube Channel Najwa Shihab:

Karna aku tuh cinta banget, ini aneh. Tapi aku memang sangat cinta belajar dan enjoy. Sebenarnya ada deg-degannya. Tapi deg-degannya itu yang aku enjoy karena kaya ada tantangan baru.

Kamu penasaran gak bagaimana cara aku belajar untuk menghadapi ujian yang datang bertubi-tubi ini selama 1 bulan penuh hanya dihadapkan dengan ujian? Yuk kita simak cerita cara aku menghadapi ujian bersama dengan aplikasi Ruangguru.

Cara Menghadapi Berbagai Ujian Menggunakan Ruangguru Versi Saya

Kali ini saya akan sedikit bercerita atau lebih tepatnya berbagi pengalaman bagaimana cara saya belajar untuk menghadapi berbagai macam ujian di sekolah. Bukan hanya ujian, tetapi juga saat saya menghadapi ulangan harian. 

Tentunya saya juga selalu belajar dengan ditemani dengan aplikasi bimbingan belajar online terpercaya nomor 1 di Indonesia yaitu Ruangguru. Bagaimana cara belajar saya saat sedang menghadapi ujian?

Cari cara belajar yang paling cocok

Setiap orang pasti memiliki gaya atau cara belajarnya masing-masing. Apabila kamu menyukai belajar sambil mendengarkan lagu, jangan lupa untuk memutar banyak lagu yang cocok dengan gaya belajar kamu. Tetapi, kamu juga harus memperhatikan untuk memilih jenis musik yang kamu putar agar tidak mengganggu konsentrasi kamu saat belajar. Nanti yang niat awalnya pengen belajar, malah jadi karaoke dengan menjadikan buku sebagai microphonenya.

Perlu kamu ingat juga tidak memaksakan diri untuk mengikuti cara belajar orang lain ya karena cara belajar tersebut belum tentu cocok dengan diri kamu. Apabila ada teman kamu yang mengajak ke sebuah restoran untuk makan sambil belajar, namun kamu tidak bisa belajar ditengah keramaian, maka kamu harus berani untuk menolak tawaran itu dan gunakan cara belajar kamu sendiri.

Buat agenda & pasang target belajar

Agenda atau jadwal juga sangat penting saat kamu belajar. Agenda ini berguna agar belajar kamu lebih terarah dan belajar mencakup kesemua mata pelajaran yang akan di ujiankan. Buatlah agenda sederhana yang menarik agar kamu lebih tertarik untuk belajar contohnya seperti agenda belajar SBMPTN yang saya buat ini.

Agenda Belajar SBMPTN
Bukan hanya itu, saya juga membuat target belajar. Misalnya pada hari senin ini saya harus bisa menguasai materi Stoikiometri. Maka pada hari itu juga saya harus berusaha semaksimal mungkin agar bisa menguasai materi dan beberapa soalnya. Kemudian pada hari Minggu saya fokus untuk mengerjakan berbagai contoh soal SBMPTN tahun kemarin dan mengevaluasi sampai dimana kemampuan saya. Jika ada materi yang masih kurang paham, maka akan saya pelajari di hari berikutnya.

Jangan dipaksakan belajar

Nah, ini juga menjadi salah satu faktor penting dalam belajar. Kamu harus belajar sesuai dengan keinginan kamu ya, jangan terlalu memaksa diri untuk belajar atau membaca buku karena gak akan masuk kedalam otak. Istirahatlah sebentar agar ketika kamu bangun, belajar kamu menjadi lebih efektif karena otak kamu sudah direfresh.

Manfaatkan waktu luang

Dimanapun kamu berada, kamu harus membawa catatan kecil untuk bisa dipergunakan saat belajar. Namun, sekarang ini kan sudah zaman teknologi dimana semua bisa dilakukan dengan menggunakan Smartphone. Nah, jika teman-teman membawa catatan, aku cuma membawa smartphone. Mau belajar atau main game?

Belajar dong! Saya belajarnya menggunakan smartphone dengan aplikasi Ruangguru. Dengan menggunakan Ruangguru, saya bisa belajar dimanapun saya berada. Misalnya saat menunggu antrian di pasar, bahkan saat sedang makan juga saya manfaatkan dengan belajar.


Kenapa harus Ruangguru? Apa aja sih keunggulan belajar dengan Ruangguru?

Pasti ada saja yang bertanya kenapa harus menggunakan Ruangguru, kan masih banyak media lainnya untuk belajar. Apa saja sih keunggulan dari Ruangguru ini? Berikut ini keunggulan Ruangguru.



Banyak Diskon

Diskon Ruangguru
Diskon Potongan Harga Ruangguru
Potongan setengah harga siapa sih yang tidak tertarik dan gak mau. Bayangkan saja apabila kamu menggunakan les privat yang biasanya bisa mencapai harga 300 ribu perbulan, di Ruangguru kamu bisa mendapatkan diskon potongan harga hingga 50% sehingga kamu bisa belajar di Ruangguru selama satu tahun hanya 300 ribuan saja. Kamu juga bisa menggunakan kode refferal teman kamu untuk mendapatkan potongan harga sebesar 40%.

Video Beranimasi

Video Beranimasi Ruangguru
Video Pembelajaran Beranimasi
Belajar di Ruangguru ini bukan hanya menonton video biasa saja lho! Di dalam video pembelajarannya juga dilengkapi dengan berbagai animasi agar kamu lebih bersemangat dan tidak bosan saat belajar. Pada video pembelajarannya juga dilengkapi dengan berbagai Rumus Jitu agar kamu menjadi lebih mudah untuk menghapal rumus-rumus.

Tidak cukup sampai disini, pembelajaran di Ruangguru ini juga dibuat seperti layaknya sebuah games lho! Kamu tidak akan bisa lanjut ke pembelajaran selanjutnya apabila kamu tidak menyelesaikan pembelajaran sebelumnya. Jadi, video pembelajaran di Ruangguru ini tersusun secara sistematis sehingga mudah untuk dipahami.

Dilengkapi Dengan Pembahasan

Dilengkapi dengan Pembahasan Soal
Dilengkapi dengan Pembahasan Soal
Di Ruangguru ini terdapat juga pertanyaan setelah kamu selesai menonton video. Namun, kamu jangan khawatir apabila salah saat menjawab pertanyaan karena di setiap soal yang diberikan juga dilengkapi dengan pembahasannya. Jadi, jika salah kamu bisa melihat pembahasannya dan mempelajarinya hingga paham.

Berlaku Untuk Semua Metode Pembayaran

Berlaku Untuk Semua Metode Pembayaran
Berlaku untuk semua metode pembayaran
Pembayaran di aplikasi Ruangguru juga sangat begitu mudah karena Ruangguru berlaku untuk semua metode pembayaran. Jadi kamu tinggal pilih saja mau melakukan pembayaran menggunakan metode apa. Metode pembayaran Ruangguru bisa kamu lihat di Cara Bayar Ruangguru.
  1. Pembayaran Melalui Minimarket
  2. Pembayaran Melalui Transfer Virtual Account
  3. Pembayaran Melalui Transfer Bank
  4. Pembayaran Melalui GO-PAY
  5. Pembayaran Melalui Pembayaran Instan


Banyak bangetkan keunggulan belajar di Ruangguru, yuk download sekarang. Belajar lebih menyenangkan dengan Ruangguru!


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rahasia Belajar Untuk Ujian Menggunakan Aplikasi Ruangguru"

Post a Comment

- Mohon Berkomentar Dengan Wajar
- Dilarang Menyertakan Link Aktif Maupun Tidak Aktif
- Dilarang Berkomentar Dengan Unsur Pornografi, Sara, Promosi Dan Hal-Hal Yang Bertentangan Dengan Hukum Yang Berlaku


Jika ada hal-hal yang tidak pantas atau bertentangan, Saya selaku pengurus Blog ini tidak segan segan menghapus Komentar Anda.
Terima Kasih!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel