Perubahan Ukuran SIM Card dari Masa ke Masa

Perubahan Ukuran SIM Card dari Masa ke Masa


TongkolPedia - Sebuah perangkat ponsel tidak akan berjalan maksimal tanpa adanya suatu benda yang dinamakan SIM Card. Dialnsir dari Wikipedia, SIM Card (Subscriber Identity Module) merupakan sebuah kartu pintar berukuran seperti prangko yang diletakkan pada telepon genggam yang menyimpan kunci pengenal jasa telkomunikasi.

Penemu SIM Card pertama kali adalah Hermann Giesecke dan Alphonse Devrient pada tahun 1991. Pada awalnya SIM Card berukuran panjang 85,60 mm, Lebar 53,98 mm, ketebalan 0,76 mm dan sebanding dengan ponsel zaman dahulu yang berukuran cukup besar.


Nah, bagaimana sih perubahan ukuran SIM Card dari masa ke masa? Mari kita simak sebagai berikut.


Perubahan Ukuran SIM Card dari Masa ke Masa



1. Tahun 1991

Pada tahun ini seperti yang sudah dijelaskan tadi, bahwa ini merupakan awal dimana SIM Card dicipatkan yang juga sangat sesuai dengan ukuran ponsel zaman dahulu yang tergolong cukup besar.


2. Tahun 1996
Pada tahun 1996, SIM Card mulai mengalami penysutan yang pada saat itu dikenal dengan Mini SIM. Mini SIM ini berukuran panjang 25 mm dan Lebar 15 mm.


3. Tahun 2012
Di tahun 2012, SIM Card kembali mengalami penyusutan dengan nama Micro SIM. Micro SIM adalah SIM Card yang mungkin saat ini belum tersedia. Tetapi, kita bisa membuat Micro SIM dengan cara memotongnya.


4. Tahun 2013
Pada tahun 2013, dikembangkan lagi ukuran kartu SIM jenis terbaru yang diberi nama dengan NANO SIM.


5. Tahun 2016
Ternyata buka Nano Sim lah ukuran yang paling kecil, karena pada tahun 2016 dikembangkan ukuran Sim Card yang lebih kecil dibanding Nano Sim yang dinamakan eSIM.

eSIM adalah singkatang dari Embedded SIM atau bisa diartikan sebagai Sim yang ditanam. eSIM ini memiliki ukuran panjang 5mm dan lebar 5mm.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perubahan Ukuran SIM Card dari Masa ke Masa"

Post a Comment

- Mohon Berkomentar Dengan Wajar
- Dilarang Menyertakan Link Aktif Maupun Tidak Aktif
- Dilarang Berkomentar Dengan Unsur Pornografi, Sara, Promosi Dan Hal-Hal Yang Bertentangan Dengan Hukum Yang Berlaku


Jika ada hal-hal yang tidak pantas atau bertentangan, Saya selaku pengurus Blog ini tidak segan segan menghapus Komentar Anda.
Terima Kasih!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel