Cara Merawat Kamera DSLR yang Benar



TongkolPedia - Memiliki kamera DSLR itu berarti kalian harus siap dengan perawatannya, tentunya kamera ini juga butuh perawatan agar lensanya selalu bersih dari debu. Tak hanya itu, perawatan kamera DSLR juga dilakukan untuk menjaga kamera ini agar tetap awet. Cara merawat kamera DSLR yang tepat untuk  memang sangat bermanfaat untuk memperpanjang usia kamera dan juga tidak mudah rusak pada bagian fisik.

Tahukah kalian bahwa jamur bahkan bisa tumbuh di kamera DSLR yang tidak rutin dibersihkan? karena itu, jika memiliki kamera DSLR maka lakukan perawatan dengan membersihkannya secara rutin dan benar. Simak langkah-langkah selanjutnya berikut ini.

Cara Merawat Kamera DSLR yang Benar

1. Bawa Kamera dengan Tas Khusus

Ketika kalian hendak membawa kamera untuk hunting foto, pakai tas khusus untuk kamera DSLR, karena tas ini dilengkapi dengan bantalan empuk di dalamnya yang menjaga kamera dari segala jenis benturan yang dapat merusak bagian kamera. Di dalam tas khusus ini juga tersedia ruang khusus untuk menyimpan lensa, charger, filter, dan perlengkapan lain yang akan mendukung aktivitas fotografi kalian dengan ringkas.

Pastikan hindari memasukkan kamera ke dalam tas biasa atau tas ransel, karena tas tersebut tidak dilengkapi dengan pelindung untuk menjaga kamera tetap aman dari benturan atau gesekan.

2. Bersihkan Body Kamera Rutin

Perawatan tidak hanya dilakukan pada layar LCD saja, tapi juga pada body atau seluruh bagian kamera. Usahakan untuk membersihkan body kamera kalian dengan mengusapkan minyak kayu putih. Karena minyak kayu putih lebih cepat kering dan memiliki kandungan air yang sangat sedikit yang dapat menjaga keawetan kamera.

Akan tetapi, saat ini sudah banyak tersedia cairan pembersih untuk merawat body kamera, cukup aplikasikan cairan tersebut ke kain halus, lalu poles kain tersebut ke seluruh body kamera. Dan jangan lupa untuk menjangkau karet ring zoom dan ring fokus pada lensa kamera, karena bagian-bagian ini biasanya sering terlewatkan saat seseorang membersihkan body kamera DSLR padahal bagian karet mudah kotor karena debu.

3. Pasang Filter guna Melindungi Lensa

Satu hal lagi yang harus diperhatikan jika, jangan lupa untuk memasang UV Filter pada lensa kamera kalian. Jangan khawatir  filter pada lensa tidak akan mengurangi kualitas bidikan foto yang kalian ambil.

Sesuai dengan namanya, UV Filter akan menjaga lensa dari pengaruh buruk sinar matahari yang mengandung ultraviolet serta untuk mencegah debu dan kotoran menempel di lensa.

4. Rawat Baterai Kamera

Baterai lithium-ion yang digunakan pada kamera biasanya memiliki usia sekitar 500 kali siklus pengisian daya maka dari itu apabila sudah melewati siklus 500 kali charging, umumnya daya baterai akan menurun dan harus segera diganti baterai.

Cara merawat kamera DSLR agar baterai tetap awet adalah jangan membiarkan baterai kamera disimpan di ruangan dengan suhu ekstrem 43 derajat atau lebih. Jangan lupa untuk mengisi daya baterai apabila kalian sudah tidak menggunakan kamera tersebut dalam jangka waktu panjang atau disimpan dalam waktu panjang.

5. Simpan  pada Dry Box

Cara menyimpan kamera DSLR yang benar adalah dengan memasukkannya ke dalam dry box yang akan melindungi kamera dari perubahan suhu yang tergolong ekstrem. Sesuai dengan namanya, kotak penyimpanan ini akan menjaga kamera agar tetap kering dan terhindar dari kelembaban yang dapat merusak komponen internal kamera yang berupa rangkaian elektronik.

Dry box juga bermanfaat untuk melindungi kamera DSLR agar tidak jamuran, karena menyimpan kamera di tempat yang lembab dapat membuat kamera berjamur, khususnya pada bagian optik lensa dan juga karet.


Penutup

Demikianlah informasi tentang cara merawat kamera DSLR dengan benar. Silahkan kamu ikuti cara ini secara rutin agar kamera kesayangan kamu tetap terjaga dengan baik. Apabila kamu memiliki cara lain yang selama ini kamu gunakan untuk merawat kamera, silahkan saja tulis di kolom komentar di bawah ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Merawat Kamera DSLR yang Benar"

Post a Comment

- Mohon Berkomentar Dengan Wajar
- Dilarang Menyertakan Link Aktif Maupun Tidak Aktif
- Dilarang Berkomentar Dengan Unsur Pornografi, Sara, Promosi Dan Hal-Hal Yang Bertentangan Dengan Hukum Yang Berlaku


Jika ada hal-hal yang tidak pantas atau bertentangan, Saya selaku pengurus Blog ini tidak segan segan menghapus Komentar Anda.
Terima Kasih!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel